Top Menu

Sulitkah Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu?

Setiap orang bisa menyelesaikan tugas dan pekerjaan tepat waktu. Tidak peduli kamu seorang pelajar, mahasiswa, ataupun karyawan, sebenarnya punya kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Namun kenapa tepat waktu begitu sulit? Hmmmm.  

Ingat! Hidup tidak selalu berjalan sesuai rencana. Begitu juga halnya “gangguan”, bisa datang kapan saka meski kita sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan. Salah satu contohnya, kamu yang sudah bertekad kuat mengejar deadline, bisa tiba-tiba luluh ketika ada rekan mengajak jajan, ngobrol, nonton film baru, dan lain-lain. Benar, kan?

Jadi bagaimana solusinya?

Buat Prioritas

Produktif itu bukan mengerjakan “to do list” sekaligus. Melainkan mampu membuat target terkait tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dulu. Cara mudahnya, kamu bisa memulai dengan memilih mana yang penting, mana yang bisa pending.

Yakin deh, dengan menetapkan skala prioritas ini kamu ngga bakalan molor lagi dalam mengerjakan sesuatu. Karena, kamu akan terhindar dari “overtime” disebabkan tugas yang terlalu banyak.

Jauhi yang Tidak Relevan

Begini, untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu itu perlu fokus! Karenanya, jauhi hal-hal yang tidak relevan yang dapat memunculkan distraksi. Contohnya, ponsel pintar. Bukannya apa-apa, tapi tangan biasanya menang gatal banget pengen nyentuh hape terus, entah itu untuk melihat update media sosial ataupun hal lainnya. Kalau tidak percaya, bandingkan saja sendiri. Cepat dan efektif mana kerja sambil mainin hape dan tanpa hape.

Menjauhkan diri dari yang tidak relevan ini tentu saja bukan sebatas hape. Tetapi juga katakana tidak pada hal-hal yang tidak produktif atau tidak mendukung pekerjaan.

Rileks tapi Pasti

Ada saatnya kita merasa seperti dikejar-kejar tenggat dan merasa panik sehingga mengerjakan segala hal dengan terburu-buru. Kalau sudah begini, pekerjaan tidak akan selesai dengan maksimal. Bahkan, seringkali menumpuk karena kamu akan stres duluan. Apakah saat stres pekerjaan akan selesai? Big No!

Nah, karena itu, cobalah tetap tenang, tarik napas panjang saat dihadapkan pada tumpukan pekerjaan lalu kerjakan dengan pelan-pelan tapi pasti.

Komitmen

Ini nih, yang mudah diucapkan tetapi sulit dilakukan. Meksi begitu, semua orang bisa kok punya komitmen untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan secara tepat waktu. Tipsnya, mulai bertanya pada dirimu sendiri:

“Apakah mengulur waktu pekerjaan adalah hal profesional? Kalau saya sering melakukan itu siapa sih yang rugi? Manfaat mengerjakan tepat waktu itu apa aja sih? Siapa saja yang diuntungkan saat kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu?”

Kalau sudah bisa menjawab semua pertanyaan ini dengan jujur, kamu bakal jadi seseorang yang sangat berkomitmen terhadap waktu.

Tidak sulit bukan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu? Masih sulit? Ah, mungkin kamu belum mempraktikkan tips-tips di atas.

Sumber gambar: dream.co.id 

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates