Ingat! Hidup tidak selalu berjalan sesuai rencana. Begitu
juga halnya “gangguan”, bisa datang kapan saka meski kita sudah mempersiapkan
diri sebaik mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan. Salah satu contohnya,
kamu yang sudah bertekad kuat mengejar deadline, bisa tiba-tiba luluh
ketika ada rekan mengajak jajan, ngobrol, nonton film baru, dan lain-lain.
Benar, kan?
Jadi bagaimana solusinya?
Buat Prioritas
Produktif itu bukan mengerjakan “to do list” sekaligus.
Melainkan mampu membuat target terkait tugas mana yang harus diselesaikan
terlebih dulu. Cara mudahnya, kamu bisa memulai dengan memilih mana yang
penting, mana yang bisa pending.
Yakin deh, dengan menetapkan skala prioritas ini kamu ngga
bakalan molor lagi dalam mengerjakan sesuatu. Karena, kamu akan terhindar dari “overtime”
disebabkan tugas yang terlalu banyak.
Jauhi yang Tidak Relevan
Begini, untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu itu perlu
fokus! Karenanya, jauhi hal-hal yang tidak relevan yang dapat memunculkan
distraksi. Contohnya, ponsel pintar. Bukannya apa-apa, tapi tangan biasanya
menang gatal banget pengen nyentuh hape terus, entah itu untuk melihat update
media sosial ataupun hal lainnya. Kalau tidak percaya, bandingkan saja sendiri.
Cepat dan efektif mana kerja sambil mainin hape dan tanpa hape.
Menjauhkan diri dari yang tidak relevan ini tentu saja bukan
sebatas hape. Tetapi juga katakana tidak pada hal-hal yang tidak produktif atau
tidak mendukung pekerjaan.
Rileks tapi Pasti
Ada saatnya kita merasa seperti dikejar-kejar tenggat dan
merasa panik sehingga mengerjakan segala hal dengan terburu-buru. Kalau sudah
begini, pekerjaan tidak akan selesai dengan maksimal. Bahkan, seringkali
menumpuk karena kamu akan stres duluan. Apakah saat stres pekerjaan akan
selesai? Big No!
Nah, karena itu, cobalah tetap tenang, tarik napas panjang
saat dihadapkan pada tumpukan pekerjaan lalu kerjakan dengan pelan-pelan tapi
pasti.
Komitmen
Ini nih, yang mudah diucapkan tetapi sulit dilakukan. Meksi
begitu, semua orang bisa kok punya komitmen untuk menyelesaikan tugas atau
pekerjaan secara tepat waktu. Tipsnya, mulai bertanya pada dirimu sendiri:
“Apakah mengulur waktu pekerjaan adalah hal profesional?
Kalau saya sering melakukan itu siapa sih yang rugi? Manfaat mengerjakan tepat
waktu itu apa aja sih? Siapa saja yang diuntungkan saat kamu bisa menyelesaikan
pekerjaan tepat waktu?”
Kalau sudah bisa menjawab semua pertanyaan ini dengan jujur,
kamu bakal jadi seseorang yang sangat berkomitmen terhadap waktu.
Tidak sulit bukan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu? Masih
sulit? Ah, mungkin kamu belum mempraktikkan tips-tips di atas.
Sumber gambar: dream.co.id
Posting Komentar