Top Menu

Cegah Emosi Saat Bekerja

Emosi bisa datang kapan saja dan di mana saja. Dalam dunia kerja kantor misalnya, tak jarang ia muncul saat kita merasa stres dan lelah karena tenggat, target, miskomunikasi dengan rekan sekerja, hingga klien yang menyebalkan. Puncaknya, tanpa sadar dapat keluar itu yang namanya “kebun binatang” dan menjurus ke pertikaian.

Please, jangan sampai ini terjadi! Sebab marah-marah di kantor akan membuatmu rugi bahkan itu bisa membahayakan karirmu. Lantas, bagaimana solusinya?

Menurut artikel yang dilansir dari Psychology Today via Liputan6.com dan beberapa sumber lainnya, tips-tips berikut ini bisa kamu praktikkan untuk mengendalikan emosi di kantor atau saat bekerja. 

Jadikan Masalah Sebagai Ujian

Semasa sekolah kita diwajibkan mengikuti ujian dulu sebelum naik kelas. Begitu pula di dunia kerja Anggaplah setiap masalah yang datang di kantor adalah ujian untukmu membuktikan diri. Kapabilitas mu akan terangkat kalau berhasil melaluinya. Jadi, jangan pernah menghindar termasuk saat merasa emosi.

Tipsnya, kamu bisa menenangkan diri dengan menghirup nafas panjang, mencuci muka, atau pergi sebentar untuk jalan-jalan ke luar kantor.

Asah Terus Skill Komunikasi

Pengendalian emosi ditandai dengan ekspresi yang tenang dan perasaan terbuka. Memang hal ini bukan sesuatu yang tiba-tiba bisa datang dari langit. Dengan kata lain, perlu latihan terus-menerus untuk mengasah sampai jadi.

Di tahap awal, kamu bisa dengan mencoba menganalisis apa saja kondisi yang bisa membuatmu marah. Catat satu persatu untuk kemudian cari cara bagaimana seharusnya kamu berkomunikasi saat menghadapi kondisi tersebut. Lama-kelamaan hal ini akan membuatmu semakin matang dalam mengendalikan emosi.

Lakukan Hal-Hal Menyenangkan

Emosi di kantor dapat terjadi karena hidupmu terlalu fokus pada pekerjaan. Ingat ya, yang “terlalu” itu tidak pernah baik termasuk terlalu cinta pada sesorang, yailah. Intinya, lakukan hal-hal menyenangkan di luar pekerjaan yang bisa menyegarkan pikiranmu. Membaca buku, menonton film, melakukan hobi, dan bergaullah dengan orang-orang yang bisa membuatku tertawa. Percayalah dunia ini penuh warna, nggak melulu tentang bekerja.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Sadar nggak sih emosi juga sering kali datang saat badan kurang fit? Nah, karena itu pola hidup sehat itu penting agar emosimu juga terkendali. Badan yang bugar dan segar bisa menuntunmu jadi pribadi yang lebih positif, lho. Percaya deh! Kamu bisa memulainya dengan rajin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, dan paling penting, kurangi begadang sampai larut yang akan membuatmu merasa ngantuk di kantor. Saat merasa ngantuk, kebayang dong apa yang bakal terjadi ketika miskomunikasi nggak bisa dihindari?

Tebarkan Aura Positif dengan Senyum

Cara efektif lain untuk meredam amarah, yaitu tersenyum. Meski tidak mudah dilakukan, senyum yang tulus bisa membuat hati dan pikiran jadi lebih cepat tenang. Soalnya, tersenyum dan tertawa akan memicu tubuh menghasilkan hormon endorphin yang membuat kita merasa bahagia. Kalau kamu setiap hari harus menghadapi rekan kerja atau klien yang menyebalkan atau atasan yang kaku, senyumin aja. Toh, itu mungkin bagian kecil dari kekurangan di antara banyaknya kelebihan yang mereka miliki.

Mengendalikan emosi tidak semudah menulis teori.  Namun dengan latihan yang kontinu dan pikiran positif setiap hari, itu bukanlah masalah yang mustahil diatasi. Lagi pula, kamu juga pasti nggak mau kan dicap sebagai seorang pemarah oleh rekan-rekan kerja di kantor? 

Sumber gambar: Liputan6.com 

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates